cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal F. Teknik : RESULTAN
ISSN : 14127938     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 2 (2015): RESULTAN" : 8 Documents clear
PERBANDINGAN NILAI STABILITAS PENGGUNAAN FILLER SERBUK KULIT KERANG DENGAN ABU BATU PADA CAMPURAN BETON ASPAL Cahyadi, Rizki; Sylviana, Rika; Yulius, Elma
RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi Vol 15 No 2 (2015): RESULTAN
Publisher : RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.855 KB)

Abstract

Kajian ini merupakan eksperimen untuk mencari alternatif pengganti filler material abu batu sebagai campuran beton aspal yang sesuai dengan spesifikasi teknis yang sudah mulai sulit didapat karena kurang tersediannya material abu batu (material konvensional) yang ada dipasaran khususnya di daerah pesisir pantai. Dalam hal ini memanfaatkan serbuk kulit kerang dara (Anadara granosa) sebagai material filler pengganti/alternatif untuk campuran beton aspal. Oleh karena itu diharapkan material dimaksud dapat mengganti maupun meningkatkan nilai stabilitas pada suatu campuran beton aspal. Metode penelitian ini melakukan uji material di laboratorium dengan variasi filler serbuk kulit kerang (4%, 6% dan 8%). Setelah dilakukan pengujian terhadap material rancangan campuran kadar aspal optimum didapat sebesar 5,5%. Kemudian dilakukan uji Marshall untuk mendapatkan nilai stabilitas campuran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan filler 4% memiliki nilai stabilitas 1313,79 kg (serbuk kulit kerang), dan 1522,30 kg (batu abu). Untuk penggunaan filler serbuk kulit kerang 6% dan 8% mempunyai nilai stabilitas sebesar 1616,21 kg dan 1688,56 kg. Dengan demikian nilai stabilitas penggunaan filler serbuk kulit kerang secara teknis dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada lapisan permukaan jalan sebagai bahan material filler pengganti/alternatif.
MODELING OF FRICTION IN COLD STRIP ROLLING UNDER HYDRODYNAMIC LUBRICATION ., Qamaruddin
RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi Vol 15 No 2 (2015): RESULTAN
Publisher : RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.493 KB)

Abstract

A friction model with the help of ANSYS software is made for cold strip rolling under hydrodynamic lubrication. The finite element model is developed from a flow problem of non-Newtonian incompressible fluid. The result of solution is nodal velocities over the arc of contact and the friction (shear stress) model is determined using the formula developed by Saxena et.al. The friction model as a result of applying ANSYS software shows the same trend as the existing developed model
TINJAUAN KESIAPAN REGULASI PENGEMBANGAN GREEN ICT DI INDONESIA Bakri, Muhammad Amin
RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi Vol 15 No 2 (2015): RESULTAN
Publisher : RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.288 KB)

Abstract

Dalam tulisan ini dibahas tentang teknologi informasi dan komunikasi yang ramah lingkungan (Green ICT).Kesiapan Indonesia dalam menghadapi pemanasan global dalam bentuk perangkat hukum dan undang-undang masih perlu lebih dikonkritkan secara jelas, rinci dan implementatif dalam format regulasi atau peraturan bersama menteri yang terkait. Hal ini guna mengatasi beberapa kendala yang dihadapi dalam implementasi green ICT di Indonesia, terutama terkait persoalan integrasi dan sinergi inisiatif, peningkatan kesadaran masyarakat, serta sistem yang mengatur komitmen institusi
PEMILIHAN SISTEM CAD/CAM DALAM INDUSTRI MANUFAKTUR STUDI KASUS: BRAKE DRUM Suhendra, Bobie
RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi Vol 15 No 2 (2015): RESULTAN
Publisher : RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.357 KB)

Abstract

Dalam tulisan ini dibahas tentang pemilihan sistem CAD/CAM yang diterapkan di industri manufaktur. Secara spesifik diketengahkan tiga jenis software yang dapat diaplikasikan yakni CATIA, Pro/ENGINEER dan Unigraphic dengan studi kasus brake drum. Terdapat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing software tersebut dan tentu dengan alasan dan justifikasi tersendiri khususnya berkaitan dengan investasi dan hasil yang diharapkan
INTEGRASI TEKNOLOGI CAD/CAM DALAM INDUSTRI MANUFAKTUR Santoso, Budi
RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi Vol 15 No 2 (2015): RESULTAN
Publisher : RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.057 KB)

Abstract

Dewasa ini kemajuan teknologi-khususnya teknologi manufaktur-dapat berkembang dengan pesat sejak ditemukannya teknologi berbasis komputer. Teknologi CAD/CAM adalah termasuk teknologi yang berbasis komputer dan lebih dikenal dalam industri manufaktur modern merupakan salah satu bagian dari Computer Intergrated Manufacturring System (CIMS). Perkembangan dan kecenderungan CAD/CAM ini di masa mendatang dikaitkan dengan optimalisasi proses, otomatisasi serta on-line manufaktur dibahas secara singkat dalam makalah ini
PENGARUH PENYETELAN CELAH KATUP DAN PENYETELAN TIMING INJECTION PUMP TERHADAP HASIL GAS BUANG PADA MOTOR DIESEL Exwanto, Aris; Sadiana, Riri; Surahto, Aep
RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi Vol 15 No 2 (2015): RESULTAN
Publisher : RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.943 KB)

Abstract

Kendaraan memerlukan perawatan berkala agar performa kendaraan menjadi seperti baru, dalam melakukan perawatan berkala perlu mendiagnosis kendaraan yang akurat, sehingga akan mempercepat waktu pengerjaan. Pada motor diesel komponen yang disetel adalah mekanisme katup dan penyetelan timing Injection pump system bahan bakar. Pada perawatan km 200.000 pengukuran celah katup hisap pada 0,30 mm dan katup buang 0,30 mm. untuk penyetelan timing Injection pump pada 0,60 mm, sehingga menghasilkan nilai gas buang dengan opasitas 31 %.
MODEL MATEMATIKA KINETIKA PADA PROSES PIROLISIS MINYAK NYAMPLUNG DALAM MENGHASILKAN BIOFUEL Sadiana, Riri; Indrayani, Novi Laura
RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi Vol 15 No 2 (2015): RESULTAN
Publisher : RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.878 KB)

Abstract

Perlunya pendekatan matematis dan simulasi model dalam penelitian yang berbasis laboratorium dapat mengurangi biaya dan resiko kesalahan lain saat pengujian di lakukan. Selain itu, hasil simulasi dapat dijadikan pedoman untuk menentukan keputusan pada langkah yang akan diterapkan kemudian dalam penelitian.Pada penelitian reaksi pirolisis minyak nyamplung dalam menghasilkan biofue sebagai bahan bakar (energi) alternatifl, diterapkan beberapa asumsi yang dikembangkan dan kemudian dibentuk suatu model matematika kinetika pada reaksi tersebut. Minyak nyamplung (Cny) dalam proses produksinya menghasilkan minyak produksi (Cp)dan gas buang/coke (Cg). Hasil analisis model tersebut diperoleh titik ekuilbrium produksi E??(Cny?,Cp?,Cg?). Hasil simulasi menunjukan bahwa adanya periodesasi dari proses reaksi yag terjadi
TEKNIK AKSES JAMAK DALAM TELEKOMUNIKASI Paronda, Abdul Hafid
RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi Vol 15 No 2 (2015): RESULTAN
Publisher : RESULTAN : Jurnal Kajian Teknologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.163 KB)

Abstract

Kecenderungan untuk selalu meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen berdampak pada peningkatan akses dan pemanfaatan jaringan telekomunikasi. Sistem komunikasi yang dirancang untuk memberikan layanan yang dibutuhkan dituntut untuk selalu meningkatkan kapasitas layanan. Hal itu berkenaan dengan upaya untuk merespons peningkatan jumlah pengguna. Tiga teknik akses jamak (multiple access) merupakan skema layanan yang diharapkan dapat menjawab tantangan itu, yakni FDMA (Frequency Division Multiple Access), TDMA (Time Division Multiple Access), dan CDMA (Code Division Multiple Access). Pengaturan slot frekuensi yang dapat digunakan serentak pada waktu yang sama, pengaturan slot waktu untuk menggunakan frekuensi yang sama pada waktu yang berbeda, serta penggunaan frekuensi yang sama pada waktu yang sama pula, namun dengan kode atau sandi yang berbeda, adalah bentuk ragam layanan akses jamak yang dimaksud

Page 1 of 1 | Total Record : 8